Gambar Atas

I A K N   Toraja

IAKN Toraja, 

Institut Agama Kristen Negeri Toraja. alih status dari STAKN Toraja. cikal bakal dari STT Rantepao. dalam naungan Kementerian Agama. salah satu Perguruan Tinggi Negeri.


S1 Teologi Kristen


gambar ilustrasi, S1 Teologi Kristen
Teologi Kristen

Akreditasi

Terakreditasi B berdasarkan surat BAN-PT No............. 2018


Profil

PROSPEK LULUSAN PRODI

  1. Menjadi Pendeta / Gembala Jemaat
  2. Menjadi Penyuluh Agama dalam lingkup Kementrian Agama
  3. Menjadi Tenaga Pekabaran Injil
  4. Menjadi tenaga pada beberapa bidang Profesi (Perbankan, Pemberdayaan Masyarakat, dll)

Visi

Menjadi Program Studi yang membentuk kaum intelektual Kristen yang memiliki pengetahuan teologi, iman dan spritualitas yang mampu menjawab kebutuhan gereja dan masyarakat.


Misi

Berdasarkan Visi di atas maka dirumuskan Misi Program Studi Teologi Kristen STAKN Toraja sebagai berikut:

  1. Mengembangkan kurikulum dan pembelajaran teologi yang kontekstual, ekumenis, transformatif, dialogis dan berbasis pada nilai-nilai kristiani.
  2. Meningkatkan penelitian untuk mengkaji masalah-masalah aktual dengan pendekatan Teologi Kristen maupun disiplin ilmu lainnya  (inter-disipliner).
  3. Meningkatkan pengabdian kepada gereja dan masyarakat yang didasarkan pada nilai-nilai Kristiani sebagai wujud pelayanan dan partisipasi dalam pembangunan masyarakat.  

Tujuan

Berdasarkan Misi di atas, tujuan Program Studi Teologi Kristen adalah sebagai berikut:

  1. Menghasilkan pelayan Kristen yang mampu melaksanakan dan mengembangkan pelayanan secara kontekstual, ekumenis, transformatif, dialogis serta berbasis pada nilai-nilai kristiani
  2. Menghasilkan pelayan Kristen yang mampu mengkaji berbagai masalah-masalah aktual dengan pendekatan Teologi Kristen
  3. Menghasilkan pelayan Kristen yang memiliki semangat serta pengabdian yang tinggi kepada gereja dan masyarakat.

Sasaran

No.

Sasaran

Strategi

Kegiatan

Tahapan Waktu

Dan Dokumen Pendukung

1.

Peningkatan kualitas kurikulum

Pengembangan berkelanjutan

  • Peninjauan kurikulum 5 tahun sekali
  • Pembaharuan kurikulum mengikuti perkembangan dan tuntutan pengguna lulusan
  • Th. 2010-2016
  • Th.2016-2020
  • Dokumen penyusunan Kurikulum

2.

Peningkatan kualitas proses perkuliahan dan penilaian

Perencanaan, implementasi dan evaluasi terpadu

  • Pengembangan RPS, SAP, dan bahan ajar
  • Monitoring perkuliahan
  • Penilaian kinerja dosen oleh mahasiswa
  • Peningkatan kualitas bimbingan skripsi, mekanisme ujian skripsi, dan KKN dan KKL
  • Standardisasi penilaian, penggunaan alternative assesment
  • Tahun 2016
  • Dokumen Kegiatan KKNI dan SNPT
  • Dokumen Penyusunan Standar Akademik, disusun pada th. 2015
  • SOP Akademik tahun 2015

 

3.

Peningkatan kualitas dosen dan karyawan

Pengembangan kualitas secara terpadu

  • Pengiriman dosen untuk studi lanjut pada bidang yang relevan
  • Pengiriman dosen dan karyawan untuk mengikuti pelatihan
  • Peningkatan kualitas tulisan untuk jurnal yang terakreditasi
  • Studi lanjut tahap I (tahun 2010-2014), tahap II (Th. 2014-2018)
  • Pembinaan rutin akademik, dan pembinaan tenaga kependidikan

4.

Peningkatan kualitas sarana, prasarana dan manajemen

Mengutamakan azas manfaat

  • Pengadaan sarana dan prasarana ruang kuliah dan laboratorium
  • Pengiriman staf ke pelatihan manajemen
  • Pembangunan ruang-ruang kuliah dan pengadaan fasilitas yang memadai

5.

Peningkatan kualitas kegiatan mahasiswa

Meningkatkan kualitas pendampingan dosen

  • Pendampingan dalam penyusunan proposal kegiatan yang kompetitif
  • Penyelenggaraan pelatihan dasar-dasar manajemen organisasi
  • Penyusunan SOP Kegiatan tahun 2015

6.

Peningkatan kerja sama

Promosi keunggulan

  • Peningkatan kualitas produk hasil penelitian
  • Peningkatan kualitas dan kuantitas kegiatan layanan
  • Peningkatan jejaring kerja sama
  • Ketua bid. Akademik dan Kerjasama Kelembagaan
  • Kerja sama didalam dan luar negeri sejak tahun 2014
  •