Gambar Atas

I A K N   Toraja

IAKN Toraja, 

Institut Agama Kristen Negeri Toraja. alih status dari STAKN Toraja. cikal bakal dari STT Rantepao. dalam naungan Kementerian Agama. salah satu Perguruan Tinggi Negeri.

Menuju Akreditasi Jurnal BIA’

Berita Akademik        

gambar ilustrasi, Menuju Akreditasi Jurnal BIA’
Menuju Akreditasi Jurnal BIA’

Menuju Akreditasi Jurnal BIA’  --- Mohon dikunjungi.

Butuh waktu minimal 2 tahun (minimal empat kali terbitan) untuk akreditasi jurnal online. Banyak hal yang harus diperhatikan mulai dari mutu artikel sampai manajemen pengelolaan.  

Sejak dipercayakan membangun dan mengelola jurnal BIA’ (Oktober 2018), tim sudah berusaha maksimal. Kami mengakui adanya kekurangan di sana-sini. 

Berkas akreditasi telah kami ajukan ke ristekBrin (dulu: ristekdikti) untuk proses penilaian. 

Besar harapan jika BIA’ terakreditasi, maka akan menarik minat para teolog mengirimkan naskah terbaik mereka. Lebih penting dari itu, ada dampak signifikan bagi Civitas Akademika IAKN Toraja: 

1. Akreditasi jurnal adalah salah satu unsur penunjang utama bagi reakreditasi Institusi, Jurusan dan Prodi. Pada unsur penelitian dan pengabdian masyarakat.  

2. Jika Akreditasi Institusi, Jurusan dan Prodi bisa naik, maka para alumni sedikit banyak mendapat kredit point ketika mencari kerja.

3. Dosen-dosen yang menulis pada jurnal terakreditasi akan mendapatkan angka kredit.  Semakin tinggi akreditasi jurnal semakin besar angka kredit dosen saat pengusulan jabatan fungsional.

4. Menolong alumni yang sedang melanjutkan studi pada jenjang pasca sarjana (S2) di IAKN Toraja maupun di STT atau Universitas, sebab beberapa Perguruan Tinggi menuntut mahasiswa pasca harus memiliki tulisan di jurnal terkareditasi.

5. Memperkenalkan bagian dari proses pendidikan di IAKN Toraja kepada masyarakat.

Dalam usaha menuju akreditasi, ada hal yang tidak bisa dikerjakan oleh Tim, yakni menjaga stabilitas pengunjung baru setiap harinya (rerata 50 orang). Dalam penilaian akreditasi, pointnya cukup tinggi (5) lima.  Oleh sebab itu, kami berharap dukungan dan kerjasama keluarga besar IAKN Toraja. Caranya  cukup dengan mengunjungi link Jurnal BIA' dan membaca minimal salah satu artikel yang diterbitkan. (Frans Rumbi).

( db )