Kontroversi di Balik Cyberpunk 2077: Apa yang Sebenarnya Terjadi

Cyberpunk 2077

Cyberpunk 2077 adalah sebuah game yang telah lama ditunggu-tunggu oleh para penggemar genre RPG dan aksi. Game ini dikembangkan oleh CD Projekt Red, studio game terkenal yang juga bertanggung jawab atas seri game The Witcher. Setelah beberapa kali mundur dari jadwal rilis awalnya, game ini akhirnya dirilis pada bulan Desember 2020 untuk PC, PlayStation 4, Xbox One, dan Stadia.

Gameplay

Cyberpunk 2077 berlatar di kota fiksi bernama Night City, sebuah kota yang penuh dengan teknologi canggih dan korupsi yang merajalela. Pemain mengambil peran sebagai seorang karakter bernama V, seorang mercenary yang mencoba untuk naik daun di dunia kejahatan kota Night City. V dapat disesuaikan baik dari segi jenis kelamin, gaya rambut, tato, hingga latar belakang ceritanya. Pemain juga dapat memilih jalur cerita yang berbeda-beda, memilih mitra yang akan membantunya, dan memilih bagaimana V akan mengembangkan kemampuan dan atributnya.

Salah satu fitur yang menarik dalam Cyberpunk 2077 adalah keberadaan teknologi “cyberware”, yaitu teknologi yang memungkinkan V untuk meningkatkan kemampuan fisiknya dengan menambahkan implantasi cybernetik. Selain itu, V juga dapat memilih dari berbagai jenis senjata dan peralatan, seperti pistol, senapan mesin, granat, dan sebagainya.

Grafik dan Audio

Cyberpunk 2077 menawarkan grafik yang sangat mengesankan, terutama di PC dengan pengaturan grafik tertinggi. Night City terlihat hidup dan penuh dengan detail, mulai dari lalu lintas yang padat hingga toko-toko kecil yang terletak di sudut-sudut kota. Karakter-karakter dalam game ini juga dirancang dengan sangat baik, dan setiap karakter memiliki ciri khas dan kepribadiannya masing-masing.

Sementara itu, audio dalam Cyberpunk 2077 juga patut diacungi jempol. Soundtrack dalam game ini dipenuhi dengan lagu-lagu elektronik yang cocok dengan tema futuristik kota Night City. Suara-suara efek juga terdengar sangat realistis, seperti suara tembakan, suara kaki berlari di atas aspal, dan sebagainya.

Kritik dan Kontroversi

Sayangnya, meskipun Cyberpunk 2077 menawarkan pengalaman bermain yang mengesankan, game ini juga menuai banyak kritik dan kontroversi. Salah satu masalah utama adalah masalah bug dan glitch yang terjadi dalam game, terutama pada konsol generasi lama seperti PlayStation 4 dan Xbox One. Banyak pemain yang mengeluh tentang kinerja game yang buruk, bahkan terkadang game ini menjadi tidak dapat dimainkan sama sekali. CD Projekt Red sendiri akhirnya mengakui masalah ini dan berjanji untuk merilis pembaruan yang akan memperbaiki masalah tersebut.

Selain itu, Cyberpunk 2077 juga dikecam karena beberapa konten dalam game yang dianggap kontroversial. Salah satu misalnya adalah adanya di dalam game yang memperlihatkan adegan seksual yang terlalu eksplisit. Banyak orang merasa tidak nyaman dengan adegan tersebut dan menganggap bahwa itu tidak pantas dalam sebuah game yang diperuntukkan untuk pemain yang berusia 18 tahun ke atas.

Selain itu, CD Projekt Red juga dikecam karena dituduh mengelola pengembangan game dengan buruk. Banyak laporan yang mengatakan bahwa para pengembang di studio tersebut mengalami tekanan dan terpaksa bekerja dalam kondisi yang tidak sehat dan tidak realistis untuk memenuhi jadwal rilis yang ditetapkan oleh manajemen. Beberapa pengembang bahkan mengatakan bahwa game ini dirilis terlalu cepat dan seharusnya ditunda untuk beberapa bulan lagi untuk memperbaiki masalah yang masih ada di dalam game.

Namun, meskipun Cyberpunk 2077 mengalami banyak masalah, game ini tetap berhasil mendapatkan banyak penghargaan dan pengakuan atas kualitasnya. Beberapa penghargaan yang berhasil diraih oleh game ini antara lain “Best PC Game” dan “Best Role-Playing Game” di ajang The Game Awards 2020. Selain itu, game ini juga berhasil meraih rekor penjualan tercepat untuk game PC yang pernah ada, dengan lebih dari 8 juta kopi terjual dalam waktu kurang dari sebulan setelah dirilis.

Kesimpulan

Cyberpunk 2077 adalah game yang menarik dan menawarkan pengalaman bermain yang sangat mengesankan. Meskipun mengalami banyak masalah dan kontroversi, game ini tetap berhasil meraih banyak penghargaan dan meraih kesuksesan besar di pasaran. Namun, CD Projekt Red harus belajar dari kesalahan-kesalahan yang terjadi dalam pengembangan game ini dan memastikan bahwa game mereka selanjutnya akan lebih baik dan bebas dari masalah-masalah yang ada di dalam Cyberpunk 2077. Bagi para penggemar genre RPG dan aksi, Cyberpunk 2077 tetap layak untuk dicoba, terutama jika Anda dapat memainkannya di PC dengan spesifikasi yang memadai.

Untuk para penggemar game open-world, Cyberpunk 2077 juga menawarkan dunia yang sangat besar dan detail, dengan banyak pilihan untuk mengeksplorasi dan menyelesaikan misi. Meskipun terdapat beberapa masalah teknis dan bug, namun CD Projekt Red telah merilis beberapa pembaruan dan patch untuk memperbaiki masalah tersebut.

Selain itu, salah satu hal yang membuat Cyberpunk 2077 menarik adalah cerita yang disajikan. Dalam game ini, kita berperan sebagai V, seorang mercenary yang tinggal di kota Night City di tahun 2077. Night City sendiri merupakan sebuah kota futuristik yang penuh dengan kekerasan, korupsi, dan konspirasi. Di sini, kita akan bertemu dengan berbagai karakter yang menarik dan memainkan peran penting dalam cerita, termasuk Johnny Silverhand yang diperankan oleh Keanu Reeves.

Cerita Cyberpunk 2077 menawarkan banyak pilihan dan konsekuensi dari setiap keputusan yang kita ambil. Selain itu, game ini juga menyajikan banyak tema yang menarik, seperti teknologi, identitas, kebebasan, dan banyak lagi. Jadi, jika Anda suka dengan game dengan cerita yang kuat dan kompleks, maka Cyberpunk 2077 adalah game yang tepat untuk Anda.

Dalam hal gameplay, Cyberpunk 2077 menawarkan berbagai macam kemampuan dan peralatan yang dapat digunakan untuk menyelesaikan misi dan menghadapi musuh. Kita dapat mengkustomisasi karakter dan meningkatkan kemampuan kita melalui sistem perk dan modifikasi peralatan. Selain itu, kita juga dapat mengendarai kendaraan dan menggunakan senjata yang beragam, dari senapan hingga pedang samurai.

Namun, meskipun terdapat banyak pilihan dan kemampuan yang dapat digunakan dalam gameplay, beberapa orang menganggap bahwa gameplay dalam Cyberpunk 2077 terasa monoton dan terlalu repetitif. Namun, hal ini tentu saja tergantung pada preferensi masing-masing pemain.

Secara keseluruhan, Cyberpunk 2077 adalah game yang ambisius dan menarik, meskipun mengalami banyak masalah dan kontroversi selama pengembangannya dan setelah dirilis. Namun, jika Anda mencari game open-world dengan cerita yang kuat dan gameplay yang beragam, maka Cyberpunk 2077 adalah game yang layak untuk dicoba. Namun, pastikan Anda memainkannya di PC dengan spesifikasi yang memadai untuk mendapatkan pengalaman bermain yang optimal.