Resident Evil Village: Mengapa Game Horor Bertahan Hidup Masih Menarik di Tahun 2021?

Resident Evil Village

Resident Evil Village, yang dikenal sebagai Resident Evil 8, adalah game horor bertahan hidup yang dikembangkan dan diterbitkan oleh Capcom. Game ini dirilis pada 7 Mei 2021, dan merupakan sekuel dari Resident Evil 7: Biohazard. Resident Evil Village mengambil tempat setelah peristiwa Resident Evil 7: Biohazard, dan mengikuti petualangan Ethan Winters di sebuah desa yang dihuni oleh makhluk misterius.

Plot

Resident Evil Village dimulai dengan Ethan Winters dan istrinya Mia hidup bahagia di Eropa, dengan anak mereka yang baru lahir bernama Rosemary. Namun, hidup mereka yang damai berubah saat Chris Redfield tiba-tiba muncul dan membunuh Mia, serta menculik Rosemary. Ethan kemudian terbangun di sebuah desa yang dipenuhi oleh makhluk mengerikan, dan mulai mencari Rosemary dan mengungkap rahasia di balik desa tersebut.

Desa itu sendiri terdiri dari beberapa lokasi, termasuk sebuah kastil besar dan sebuah pabrik besar yang digunakan oleh antagonis utama, Mother Miranda. Selama petualangannya, Ethan bertemu dengan berbagai karakter, termasuk Duke, seorang pedagang yang menjual perlengkapan dan senjata, serta empat bangsawan yang memerintah desa: Lady Dimitrescu, Beneviento, Moreau, dan Heisenberg.

Setiap bangsawan memiliki keunikan dan keanehan sendiri-sendiri. Lady Dimitrescu, sebagai contoh, adalah seorang wanita setinggi sembilan kaki dengan tiga putri yang mengganggu. Beneviento, di sisi lain, adalah seorang wanita yang misterius dan sangat tertutup yang tinggal di sebuah rumah besar bersama boneka hidup yang aneh. Moreau adalah seorang pria yang terinfeksi mutasi air dan hidup di sebuah kolam besar, sedangkan Heisenberg adalah seorang pria dengan kekuatan magnetik yang kuat dan berusaha memberontak terhadap Mother Miranda.

Ethan akhirnya mengetahui bahwa Mother Miranda menculik Rosemary karena ia percaya bahwa Rosemary adalah kunci untuk membangkitkan putrinya yang telah meninggal, Eva. Mother Miranda sendiri telah mencoba untuk menghidupkan Eva kembali dengan menggunakan berbagai subjek uji coba, termasuk anak-anak di desa. Akhirnya, Ethan berhasil mengalahkan Mother Miranda dan menyelamatkan Rosemary, tetapi dengan harga yang mahal.

Gameplay

Seperti game Resident Evil sebelumnya, Resident Evil Village adalah game horor bertahan hidup yang menuntut pemain untuk mengumpulkan sumber daya, mengelola inventaris, dan melawan makhluk mengerikan dengan senjata dan item yang tersedia. Ada juga beberapa elemen gameplay tambahan yang ditambahkan, seperti berburu hewan untuk mendapatkan sumber daya, dan kemampuan untuk merangkai item menjadi senjata dan peralatan yang lebih kuat.

Salah satu fitur unik dari Resident Evil Village adalah kemampuan untuk menembakkan senjata di sudut tertentu. Ini memungkinkan pemain untuk menghindari tembakan musuh dan menembakkan senjata dengan presisi yang lebih besar. Selain itu, pemain juga diberi pilihan untuk menggunakan senjata jarak dekat seperti pisau, serta untuk membuka pintu dan jendela yang terkunci menggunakan pisau.

Selain itu, game ini juga memiliki mode Mercenaries, yang memungkinkan pemain untuk menyelesaikan serangkaian misi dengan tujuan mencapai skor tertinggi. Pemain dapat memilih karakter yang berbeda dengan kemampuan unik, serta meng-upgrade senjata dan item mereka untuk membantu mereka melawan musuh. Mode Mercenaries menambahkan elemen replayability ke game, karena pemain dapat mencoba lagi dan lagi untuk mencapai skor tertinggi dan mencapai prestasi.

Grafis dan Suara

Resident Evil Village menampilkan grafis yang indah dan detail, yang memperlihatkan desa yang angker dan kastil yang menakutkan dengan latar belakang pegunungan yang dramatis. Karakter-karakternya dirancang dengan baik, termasuk musuh-musuh yang berbeda yang terlihat mengerikan dan misterius. Animasi karakter juga halus dan realistis, menghadirkan nuansa horor yang lebih menakutkan.

Suara di Resident Evil Village juga sangat efektif dalam menciptakan suasana yang menakutkan. Musiknya yang menyeramkan dan suara-suara mengerikan yang dibuat oleh musuhnya, seperti langkah kaki atau erangan, membuat pemain merasa seperti mereka benar-benar berada di dalam game. Pemeran suara juga melakukannya dengan baik dalam menghidupkan karakter-karakter yang berbeda, membantu mengembangkan karakter dan menambahkan dimensi yang lebih dalam ke cerita.

Kritik dan Penerimaan

Resident Evil Village telah menerima pujian luas dari kritikus game dan pemain, terutama karena kemampuannya untuk menyatukan elemen game horor klasik dengan inovasi baru dan grafis yang indah. Fitur-fiturnya yang unik, seperti kemampuan untuk menembakkan senjata di sudut tertentu dan mode Mercenaries, juga telah disambut dengan baik.

Namun, beberapa kritikus dan pemain telah mengkritik game ini karena ceritanya yang terkadang membingungkan dan tidak terlalu jelas. Beberapa juga merasa bahwa beberapa elemen game seperti berburu hewan untuk mendapatkan sumber daya tidak begitu diperlukan dan hanya menambah durasi permainan yang tidak perlu.

Meskipun demikian, Resident Evil Village tetap menjadi salah satu game horor bertahan hidup yang paling sukses tahun ini, dan menjadi tambahan yang solid untuk seri Resident Evil. Game ini juga menunjukkan bahwa Capcom masih mampu menghadirkan game yang menakutkan dan inovatif setelah hampir 25 tahun sejak game pertama dirilis.

 

Kesimpulan

Resident Evil Village adalah game horor bertahan hidup yang luar biasa dengan grafis yang indah, gameplay yang inovatif, dan cerita yang menarik. Game ini berhasil menyatukan elemen game horor klasik dengan inovasi baru, dan menambahkan elemen RPG ke dalam gameplay untuk memberikan pengalaman yang lebih dalam.

Pemain akan menemukan diri mereka dalam cerita yang menarik dan misterius, dengan karakter-karakter yang berbeda yang memiliki cerita yang rumit dan menarik. Meskipun ceritanya terkadang membingungkan dan tidak terlalu jelas, game ini tetap berhasil menghibur dan menakutkan.

Game ini juga menunjukkan kemajuan teknologi dalam game, dengan grafis yang indah dan realistis yang memperlihatkan detail dan nuansa yang menakutkan. Musik dan suara-suara yang menakutkan juga berhasil menciptakan atmosfer yang menegangkan dan horor.

Secara keseluruhan, Resident Evil Village adalah game yang wajib dimainkan bagi penggemar game horor dan seri Resident Evil. Game ini menunjukkan bahwa Capcom masih mampu menghadirkan game horor yang menakutkan dan inovatif, dan menjadi salah satu game terbaik tahun ini.

 

Seri Resident Evil

Resident Evil Village merupakan game ke-8 dari seri Resident Evil yang dirilis oleh Capcom pada tahun 2021. Seri ini dimulai pada tahun 1996 dengan game Resident Evil yang menjadi game horor bertahan hidup klasik yang terkenal dan sukses. Seri ini kemudian terus berkembang dengan rilisnya game-game baru dan spin-off, serta adaptasi ke film dan buku.

Resident Evil dikenal dengan gameplay yang menantang dan menakutkan, serta cerita yang misterius dan menarik. Setiap game dalam seri ini memiliki cerita dan karakter yang berbeda-beda, namun tetap terhubung dengan alur cerita utama dari seri ini.

Game pertama dalam seri Resident Evil dirilis pada tahun 1996 untuk PlayStation dan kemudian diadaptasi ke berbagai platform lain. Game ini mengikuti dua karakter yang terjebak dalam sebuah mansion yang dihuni oleh zombie dan makhluk-makhluk mengerikan lainnya, dan mereka harus bertahan hidup sambil memecahkan misteri di balik mansion tersebut.

Seri ini terus berkembang dengan rilisnya Resident Evil 2, Resident Evil 3: Nemesis, dan Resident Evil Code: Veronica di akhir tahun 90-an dan awal 2000-an. Kemudian, Resident Evil 4 mengubah gameplay seri ini dengan memperkenalkan sudut pandang over-the-shoulder dan gameplay yang lebih aksi.

Resident Evil 5 dan Resident Evil 6 juga mengikuti gameplay yang lebih aksi, dengan fokus pada pertarungan melawan musuh dan cerita yang lebih luas. Namun, Resident Evil 7 kembali ke akarnya dengan gameplay yang lebih menakutkan dan atmosfer yang lebih horor. Resident Evil 7 juga memperkenalkan sudut pandang first-person dan cerita yang lebih terisolasi dari seri utama.

Resident Evil Village mengambil gameplay dari Resident Evil 7 dengan sudut pandang first-person dan gameplay yang lebih menakutkan, namun tetap mempertahankan elemen aksi dari seri sebelumnya. Game ini juga membawa kembali karakter utama dari game sebelumnya, Ethan Winters, dan melanjutkan cerita dari Resident Evil 7.

Penerimaan dan Penghargaan

Resident Evil Village telah menerima pujian luas dari kritikus game dan pemain, dengan banyak yang menganggap game ini sebagai salah satu game horor bertahan hidup terbaik dalam beberapa tahun terakhir.

Game ini mendapat skor tinggi dari situs review game seperti Metacritic dan GameSpot, dengan banyak kritikus yang memuji grafisnya yang indah, gameplay yang menantang, dan atmosfer yang menakutkan. Beberapa kritikus juga memuji ceritanya yang menarik dan karakter-karakternya yang kompleks.

Resident Evil Village juga memenangkan beberapa penghargaan, termasuk Best Horror Game di The Game Awards 2021 dan Best PlayStation Game di Golden Joystick Awards 2021. Game ini juga dinominasikan untuk Game of the Year di beberapa penghargaan lainnya.

Kesimpulan

Resident Evil Village adalah game horor bertahan hidup yang menakutkan dan menantang, dengan grafis yang indah dan gameplay yang inovatif. Game ini berhasil menyatukan elemen game horor klasik dengan inovasi baru, dan menambahkan elemen RPG ke dalam gameplay untuk memberikan pengalaman yang lebih dalam.

Cerita yang misterius dan menarik, serta karakter-karakter yang rumit, membuat game ini menjadi pengalaman yang mendalam dan tidak terlupakan. Meskipun ceritanya terkadang membingungkan dan tidak terlalu jelas, game ini tetap berhasil menghibur dan menakutkan.

Grafis yang indah dan realistis juga berhasil menciptakan atmosfer yang menegangkan dan menakutkan. Musik dan suara-suara yang menakutkan juga berhasil menambahkan kegelapan dan ketegangan pada game ini.

Resident Evil Village berhasil mempertahankan esensi dari seri Resident Evil, sementara tetap memberikan inovasi dan perbaikan pada gameplay dan cerita. Game ini merupakan game horor bertahan hidup yang wajib dimainkan bagi penggemar genre ini dan seri Resident Evil.

Seri Resident Evil sendiri juga merupakan salah satu seri game terbaik dalam sejarah, dengan gameplay yang menantang dan cerita yang menarik. Meskipun beberapa game dalam seri ini lebih fokus pada aksi daripada horor, seri ini tetap menjadi inspirasi bagi game-game horor dan bertahan hidup saat ini.

Kesuksesan Resident Evil Village juga menunjukkan bahwa game horor bertahan hidup masih memiliki tempat di pasar game saat ini, dan masih menarik bagi pemain yang mencari pengalaman yang menantang dan menakutkan.

Dalam kesimpulan, Resident Evil Village adalah game horor bertahan hidup yang menakutkan dan menantang, dengan grafis yang indah dan gameplay yang inovatif. Game ini berhasil menggabungkan elemen game horor klasik dengan inovasi baru, dan menambahkan elemen RPG ke dalam gameplay untuk memberikan pengalaman yang lebih dalam. Game ini wajib dimainkan bagi penggemar game horor dan seri Resident Evil, dan merupakan salah satu game terbaik tahun ini.