Gambar Atas



Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB)

Program Sarjana IAKN Toraja T.A. 2020/2021



PENYELENGGARAAN SELEKSI NASIONAL PENERIMAAN MAHASISWA BARU (Selnas-PMB) Tahun Akademik 2019/2020

Hari ini Senin 22 Juli 2019, ujian Selnas-PMB T.A 2019/2020 yang diselenggarakan oleh Ditjen Bimas Kristen melalui Direktorat Pendidikan Kristen dilaksanakan secara serentak di seluruh Indonesia oleh 7 (tujuh) Perguruan Tinggi Keagamaan Kristen Negeri (PTKKN).

Selnas
Selnas 2.jpeg

Pelaksanaan Selnas-PMB di STAKN Toraja dimulai pada pukul 08.00-10.00 WITA melalui ujian tertulis. Setiap Peserta, wajib menjawab pertanyaan yang disediakan oleh Panitia sebanyak 100 nomor soal diatas lembar jawaban kertas komputer menggunakan pensil 2B.





TRANSFORMASI STAKN TORAJA MENUJU INSTITUT

Kunjungan Tim Visitasi alih status Sekolah Tinggi Agama Kristen Negeri Toraja (STAKN Toraja) yang dikemas dalam acara Focus Group Discussion (FGD) berlangsung di Aula Bukit Kasih Kampus STAKN Toraja, Sabtu 20 Juli 2019. Pada foto (gbr 1.) dari ujung kiri Ketua STAKN Toraja (DR. Joni Tapingku, M.Th), Bupati Toraja Utara (DR. Kala' Tiku Paembonan), Ketua BPS Gereja Toraja (Pdt. Musa Salusu, M.Th), Dirjen Bimas Kristen Kementerian Agama ( Prof. DR. Thomas Pentury, M.Si), Asisten Deputi Bidang Pengembangan Manusia dan kebudayaan Sekretariat Negara (Hanung Cahyono, SH., LLM), Kepala Biro Ortala Sekjen Kementerian Agama (Drs. H. Afrizal Zen, M.Si), Sekretaris Dirjen Bimas Kristen (DR. Yan Kristianus Kadang, MM), Kasubdit Harmoni Peraturan Penganggaran PNBP Direktorat Jenderal Anggaran Kementarian Keuangan (Muji Budda'wah, SE., MM), Kepala Bidang Agama, Pendidikan, Riset dan Teknologi Kementerian Sekretariat Negara (Dyah Ariyanti, SH., MH) dan Kepala Sub Bidang Agama dan Pendidikan Kementerian Sekretariat Negara (Deriansyah Rizki Siregar, SH., MH).

Tim FGD Alih Status
Gbr 1. Tim Visitasi
Tim FGD Alih Status
Gbr 2. MC: Berna Sule dan Amba Rerung Allo

Doa pembukaan acara dipimpin oleh Pdt. Musa Salusu kemudian dilanjutkan dengan ungkapan selamat datang di Kampus STAKN Toraja oleh Pdt Joni Tapingku selaku Ketua STAKN Toraja. Dalam sambutannya, Ketua STAKN Toraja memaparkan data statistik keberadaan dan perkembangan STAKN Toraja dari waktu ke waktu. Untuk jumlah Mahasiswa aktif saat STAKN Toraja mulai berdiri tahun 2004 sebanyak 123 Mahasiswa dan tahun 2019 ini sudah mencapai 3306 Mahasiswa. Dalam transformasi alih status ini, STAKN Toraja mendapat dukungan dari pemerintah Prov. Sulawesi Selatan, DPRD Prov. Sulawesi Selatan, pemerintah Kab. Tana Toraja, DPRD Kab. Tana Toraja, DPRD Kab. Tana Toraja Utara, Sinode Gereja Toraja, Sinode Gereja KIBAID, Kantor Kemenag Kab. Tana Toraja dan Toraja Utara serta IAIN Palopo.

Selanjutnya, Bupati Toraja Utara Bapak Kala' Tiku Paembonan pun menyampaikan rasa syukur atas keberadaan STAKN Toraja dimana telah sekitar 15 tahun dinikmati Masyarakat Toraja mengenyam pendidikan tinggi menghasilkan Guru-guru Agama Kristen maupun aktivis-aktivis Gereja. Harapan atas transformasi ini kiranya setelah menjadi IAKN dapat dibuka Fakultas bidang Pariwisata dan Fakultas bidang Administrasi dalam mendukung kemajuan Toraja. Yang mana Toraja merupakan salah satu destinasi pariwisata terbesar di Indonesia dan juga dapat memudahkan Aparatur Sipil Negara di Pemerintahan Daerah tidak perlu lagi keluar Toraja dalam mengenyam pendidikan bidang Pariwisata utamanya Administrasi.

Kesempatan memberikan pesan dan harapan, berturut-turut disampaikan oleh Bapak Yan Kadang, Afrizal Zen, Muji Budda'wah, Hanung Cahyono dan diakhir penyampaian oleh Bapak Thomas Pentury yang mengapresiasi terbitnya Peraturan Pemerintah Nomor 46 Tahun 2019 Tentang Pendidikan Keagamaan, yakni menuntut peningkatan pendidikan serta kualifikasi standar Pendidik maupun tata kelola sistem yang baik. Setelah menjadi IAKN, Dirjen Bimas Kristen berpesan bahwa jangan sampai infrastruktur kampus ini nantinya semakin meningkat tetapi kualitas SDM Pendidik semakin jauh memenuhi standar sehingga memberi kesan "Institut rasa Sekolah Tinggi". Selanjutnya, Pdt Daud Sangka' mengakhiri pertemuan melalui Doa penutup.





Hasil Seleksi Penerima Batunan BIDIK MISI STAKN TorajaTahun 2019




RAPAT KERJA STAKN TORAJA TAHUN 2019

Rapat kerja STAKN Toraja tahun 2019 berlangsung dari tanggal 1-4 Mei 2019 bertempat di Toraja Misiliana Hotel. Kegiatan ini dibuka secara resmi oleh Dirjen BIMAS Kristen Prof. Dr. Thomas Pentury. Dalam sambutannya, Beliau menjelaskan peran sentral Perguruan Tinggi Keagamaan Kristen Negeri dalam rangka meningkatkan sumber daya manusia Indonesia. Salah satu usaha yang dilakukan ialah dengan menyediakan beasiswa kepada dosen-dosen untuk melanjutkan studi doktoral baik dalam negeri maupun luar negeri. Pada tahun ini, STAKN Toraja mendapat kesempatan untuk menyekolahkan 5 orang dosen ke luar negeri. Pokok lain yang ditekankan ialah STAKN perlu mengembangkan moderasi keagamaan pada proses perkuliahan.

rapat kerja 2019


rapat kerja 2019






Kuliah Umum Jend. TNI (purn.) Agum Gumelar di STAKN Toraja

Kuliah Umum bertajuk "Kepemimpinan Deliberatif yang berwawasan kebangsaan dalam masyarakat Indonesia yang majemuk" pada Kamis (04/04/2019) bertempat di Aula Bukit Kasih STAKN Toraja, menghadirkan anggota Dewan Pertimbangan Presiden RI (Watimpres) sebagai Narasumber yakni Bapak Jenderal TNI (purn.) H. Agum Gumelar. Terlaksananya kegiatan ini juga di dukung oleh lembaga Kelompok Tumbuh Bersama (KTB) dan Komunitas Buku dan Kopi.

kuliah-umum-agum


kuliah-umum-agum


Mengisi sela waktu pembukaan Kuliah Umum, pemaparan garis-garis besar tentang kepemimpinan Deliberatif kususnya peran Gereja dalam politik dan sebaliknya serta pengaruhnya dalam kehidupan berjemaat di masa lalu, kini dan kedepan, disampaikan oleh Pdt. Daud Sangka' Palisungan,M.Si. Beliau menegaskan bahwa pada hakekatnya Politik itu suci bahkan lebih bersih dari Gereja. Sebagaimana diketahui, Pdt. Daud Sangka' merupakan salah satu Dosen senior STAKN Toraja yang juga menjabat Ketua Majelis Pertimbangan Gereja Toraja.

Mengawali pembukaan Kuliah Umum, Wakil Ketua (STAKN Toraja) Bidang Akademik, Pdt.Dr. Abraham Tanggulungan, M.Si selaku Ketua Panitia, menyampaikan terima kasih atas kesediaan Bapak Agum Gumelar memijakkan kaki di kampus STAKN Toraja dan merupakan suatu kebanggaan tersendiri bagi Civitas Akademika telah kedatangan salah satu tokoh Nasional dengan berbagai kedudukan strategis yang pernah diembannya. Maksud dan tujuan pelaksanaan Kuliah Umum ini ialah untuk menyerap nilai-nilai Kepemimpinan Deliberatif yang dapat menjadi bekal bagi Mahasiswa dan generasi muda kini dan masa yang akan datang.

Kuliah Umum ini dibuka secara resmi oleh Ketua STAKN Toraja, Pdt.Dr. Joni Tapingku, M.Th. Dalam sambutannya, Ketua STAKN Toraja menyampaikan harapan percepatan realisasi peningkatan alih status Sekolah Tinggi Agama Kristen Negeri Toraja menjadi Institut Agama Kristen Negeri Toraja yang saat ini sedang di proses oleh KEMENPAN-RB.

Ir.Edward Tanari, M.Si sebagai Moderator dalam Kuliah Umum, menyampaikan maksud kedatangan Bapak Agum Gumelar untuk memberi semangat proaktif dalam toleransi dan kemajemukan kepada generasi muda.

Di salah satu materi dan tanya jawab, Bapak Agum Gumelar memaparkan bahwa apabila PKI di Indonesia kekuatannya sudah berada diatas kekuatan Pemerintahan yang sah, berarti mereka berada dalam kekuasaan dengan nalar yang secara jahat, tetapi ini masa lalu, fakta menunjukkan bahwa PKI dua kali mencoba mengkomuniskan Indonesia melalui pemberontakan dan tidak pernah berhasil. Kita sudah punya payung melalui TAP MPR (TAP MPRS Nomor 25 Tahun 1966) dan hal tersebut juga telah diungkapkan Presiden (Joko Widodo) di salah satu pesantren di Jawa Barat kala mendapatkan pertanyaan dari salah seorang hadirin yang mengkawatirkan akan bangkitnya kembali Komunis. Selanjutnya Agum mengatakan, kalau mereka (hadirin) kuatir balik (Komunis), "gebuk!". Setelah rekonsiliasi, seorang Komunis maupun anak (mantan) Komunis sudah tidak ada masalah lagi, mereka sudah bisa kerja dimana saja. Ada yang jadi TNI, Polri hingga anggota DPR. Hal ini menunjukkan bangsa Indonesia ini adalah bangsa yang gendruk dengan perdamaian dan gendruk persatuan.

Kuliah Umum ini juga di hadiri oleh Bapak Dandim 1414 Tator Letkol Czi. Hias M.s Turnip, MSi(Han), Kapolres Tana Toraja AKBP Julianto P. Sirait, SH, SIK, Ketua I BPS Gereja Toraja Pdt. Alfret Anguai dan beberapa perwakilan Perguruan Tinggi se-Tana toraja dan Toraja Utara.





Penerimaan Mahasiswa Baru Program Sarjana (S1) T.A. 2019/2020

Persyaratan:
  1. Berijazah SMU/SMK atau sederajat dan dinyatakan lulus;
  2. Mengambil,mengisi & mengembalikan formulir pendaftaran;
  3. Fotokopi ijazah dan daftar nilai ujian akhir yang dilegalisir atau surat keterangan lulus dari sekolah bersangkutan;
  4. Surat keterangan keanggotaan dari gereja;
  5. Fotokopi Kartu Keluarga;
  6. Fotokopi Kartu Perlindungan Sosial/KPS;
  7. Pas Foto 4 (empat) lembar,berwarna pakaian rapi (3x4 cm);
  8. Fotokopi Slip Biaya Pendaftaran dari Bank.
Jadwal Penerimaan Mahasiswa Baru:
  • Gelombang I : : 04 Maret - 10 Juni 2019
  • Jadwal Ujian : 12 Juni - 14 Juni 2019
    Pengumuman : 21 Juni 2019
    Pendaftaran Ulang : 24 Juni 2019
  • Gelombang II : 17 Juni - 09 Juli 2019
  • Jadwal Ujian : 10 Juli - 12 Juli 2019
    Pengumuman : 19 Juli 2019
    Pendaftaran Ulang : 22 Juli 20192018
Materi Ujian Seleksi
  1. Pengetahuan Isi Alkitab;
  2. Tes Potensi Akademik;
  3. Tes Pengetahuan Umum;
  4. Wawancara;
  5. Tes Keterampilan (bagi yang memilih Prodi Musik Gerejawi).





Brosur:








PENGUMUMAN TES SKB CPNS STAKN TORAJA 2018



DAFTAR NAMA PESERTA SKB CPNS STAKN TORAJA 2018






PENERIMAAN CPNS STAKN Toraja Tahun 2018

Tampilkan/Download File
Selengkapnya, Pengumuman Tentang Pelaksanaan Seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil Kementerian Agama RI Tahun 2018


PERPANJANGAN JADWAL PENDAFTARAN CPNS TAHUN 2018
Tampilkan/Download File





Penerimaan Mahasiswa Baru T.A. 2018/2019

Persyaratan:
  1. Berijazah SMU/SMK atau sederajat dan dinyatakan lulus;
  2. Mengambil/mengunduh, mengisi dan mengembalikan formulir pendaftaran;
  3. Melampirkan Fotocopi ijazah dan daftar nilai ujian akhir yang dilegalisir;
  4. Memasukkan 4 (empat) lembar pas foto (berwarna, pakaian rapi) ukuran 3x4.
Jadwal Penerimaan Mahasiswa Baru:
  • Gelombang I
  • Pendaftaran: 19 Maret - 25 Mei 2018
    Ujian seleksi: 05 - 07 Juni 2018
    Pengumuman: 12 Juni 2018
  • Gelombang II
  • Pendaftaran: 28 Mei - 29 Juni 2018
    Ujian seleksi: 10 - 12 Juli 2018
    Pengumuman: 17 Juli 2018

Ujian seleksi dilaksanakan di Kampus STAKN Toraja, pukul 08.30-13.30 WITA. Pendaftaran ulang segera dapat dilaksanakan setelah pengumuman ujian PMB jika dinyatakan lulus.

Mata Ujian:
  1. Pengetahuan Isi Alkitab;
  2. Bahasa Inggris;
  3. Bahasa Indonesia;
  4. Tes Potensial Akademik;
  5. Tes Pengetahuan Umum;
  6. Wawancara;
  7. Tes Keterampilan (bagi yang memilih Prodi Musik Gerejawi).
Uang Kuliah Tunggal:
  • Kategori I: Rp. 400.000,-
  • Kategori II: Rp. 800.000,-
  • Kategori III: Rp. 1.200.000,-
  • Kategori IV: Rp. 1.800.000,- (khusus untuk Bidik Misi)
Formulir Pendaftaran



UANG KULIAH TUNGGAL (UKT) T.A. 2018/2019

Download file:

Cover UKT 2018
Data Ayah
Data Diri Mahasiswa
Data Dokumen Pendukung
Data Ibu
Data Wali